1.
Kemampuan yang merupakan sesuatu yang melekat
dalam diri seseorang disebut…
a. Prestasi
b. Bakat
c. Potensi
d. Kreatif
2. Orang yang berbakat adalah rang
yang mampu mencapai…
a. Semua yang dicita citakan
b. Kebahagian hidup
c. Kesuksesan hidup
d. Prestasi yang tingi
3. Cirri cirri anak berbakat,
anatar lain seperti berikut, kecuali…
a. Mampu menyeleksi masalahnya
senidri
b. Mempunyai ingatan dan daya
kreasi tinggi
c. Mempunyai logika dan
keterampilan analitas yang kuat
d. Mampu berpikir abstrak
4. Anak yang berbakat misalnya
memiliki cirri negative, misalnya…
a. Tidak bisa membagi waktu secara
efisien
b. Mudah menyerah dan gampang
putus asa
c. Kurang sabar dan kurang tengang
sara
d. Sering menyusahkan orang lain
5. Menurut Balitbang Depdiknas,
ciri ciri peserta didik berbakat, antara lain…
a. Memoliki tanggung jawab
terhadap tugas
b. Pandai bergaul dan pandai
merayu
c. Menguasai bidang atlentik dan
seni yang tinggi
6. Tingkat kecerdasan seseirang
dapat ditentukan oleh….
a. Usaha dan kerja kerasnya
b. Dukungan dari keluarga dan
orang tua
c. Murni berasal dari keturunan
orang tua
d. Bakat bawaan dan lingkungan
7. Di bawah ini adalah ciri ciri
anak berprestasi, kecuali…
a. Memiliki kemampuan menyesuaikan
diri
b. Rajin melakukan sesuatu yang
diminati
c. Cebderung bersifat
tertutup/pendiam
d. Mampu mengatasi berbagai
rintangan
8. Anak yang kreatif memiliki ciri
ciri berikut ini, kecuali…
a. Menonjol dalam salah satu
bidang seni
b. Tidak pernah merepotkan orang
lain
c. Bebas dalam menyatakan pendapat
d. Besar dorongan keingintahunya
9. Hasil pelajaran yang diproleh
dari kegiatan belajar di sekolah atau perguruan tinggi yang bersifat kognitif
adalah pengertian…
a. Prestasi
b. Prestasi budaya
c. Prestasi belajar
d. Prestasi akademis
10. Penghargaan yang diberikan
kepada seseorang yang berhasil di bidang lingkungan hidup disebut…
a. Kalpataru
b. Adipura
c. Wahana anugrah
d. Satya lencana
11. Warga negara yang memiliki
potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.
Pernyataan ini terdapat dalam…
a. UUD 1945 pasal 31 ayat 1
b. UUD 1945 pasal 31 ayat 5
c. UU no. 20 tahun 2003 pasal 5
ayat 4
d. UU no. 20 tahuh 2003 pasal 5
ayat 5
12. Pada umumnya orang yang
memiliki kepekaan dan tebuka bagi sesuatu yang baru adalah…
a. Mahasiswa di perguruan tinggi
b. Nak usia sekolah, terutama
remaja
c. Anak yang memilki bakat
menonjol
d. Mahasiswa teladan
13. Hal hal yang memengaruhi
kreativitas seseorang, antara lain…
a. Bakat, prestasi, dan dukungan
dari orang tua
b. Bakat, kemampuan, dan keuatan
c. Prestasi dan ketersedianya
biaya
d. Bakat dan kemampuan yang
dimiliki
14. Seseorang yang telah memiliki
bakat dan prestasi tidak mungkin bisa berprestasi jika…
a. Tidak ada guru yang
membimbingnya
b. Orang tersebut tidak sekolah
c. Tidak dibiayai oleh orang tua
d. Tidak memiliki kecerdasan
15. Kebutuhan warga negara yang
ingin memejukan bangsa dan negaranya adalah…
a. Semangat untuk menjadi pahlawan
b. Sarana dan peasarana bekajar
c. Kecerdasan dan kesempatan
d. Biya yang memandai
16. Berpikir dan berperilaku
kreatif sangat besar manfaatnya. Manfaat tersebut, antara lain…
a. Dapat memajukan negara dan
bangsa
b. Dapat meraih kesuksesn hidup
c. Memiliki banayak harta
d. Menjadi pahlawan bangsa
17. Funsi pendidikan nasional, antara
lain…
a. Melindungi peserta didik dalam
belajar mengajar
b. Mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa
c. Memajukan kesejahteraan seluruh
rakyat Indonesia
d. Mencerdaskan kehidupan bangsa
secara merata
18. Berkompetisi secara sehat perlu
dilandasi dengan sikap…
a. Mau menang sendiri
b. Menghalalkan segala hal
c. Tidak mengenal kompromi
d. Jujur, sportif, dan adil
19. Frekuensi belajar yang baik
adalah…
a. 1 jam setiap hari selama satu
minggu
b. 2 jam setiap hari dalam satu
minggu
c. Dua jam seminggu sekali
d. 3 jam seminggu dua kali
20. Setiap manusia dikarunia Tuhan
potensi diri yang berupa tiga keverdasan, yaitu kecerdasan…
a. Otak (IQ), emosional (EQ), dan
spiritual (SQ)
b. Rasa, karsa, dan karya
c. Batin, lahir, dan kepercayaan
d. Keterampilan, akademis, dan
sosial
21. Salah satu ciri yang menonjol
dari seseorang yang sukses atau berprestasi adalah…
a. Tidak putus asa dan akan
membiarkan jiwanya selalu berpetualang
b. Selalu optimis dan menampilkan
hal hal yang kadang tidak masuk akal
c. Menjalin kerja sama sengna
berbagai pihak yang penting dapat untung
d. Berani megngambil resiko dan
tidak akan membiarkan perasaan putus asa
22. Agar hidup kita kelak dapat
berprestasi dengan baik, sejak dini haruslah…
a. Dibiasakan untuk belajar sesuai
dengan anjuran guru
b. Direncanakan dengan sistematis
dan proposional
c. Elalu diikutsertakan dalam
berbagai kompetisi yang ada
d. Dilatih dalam berbagai
keterampilan yang disukainya
23. Kepribadian manusia yang
terbentuk berdasarkan bawaan lahir atau bakat disebut…
a. Nurture
b. Natur
c. Watak
d. Karakter
24. Sikap atau perilaku yang dapat
mengahmbat pengembangangan poyensi diri yang berasal dari individu sendiri,
kecuali…
a. Berprasangka kreatif
b. Tidak memiliki tujuan jelas
c. Keengganan mengenal diri
sendiri
d. Pendidian yang dianut
25. Ciri ciri perilaku manusia
antara lain menghindari resiko, tidak belajar dari kesalahan, dan puas dengan
kedudukan yang ada disebut…
a. Wibawa rendah
b. Pribadi yang kerdil
c. Kreativitas yang rendah
d. Kemampuan lebih rendah
26. Dari keempat kecerdasan yang
dimiliki manusia, yang menjadi sumber bimbingan atau pengarah bagi ketiga
kecerdasan yang lain adalah…
a. Intelligence Quotient (IQ)
b. Physical Quotient (PQ)
c. Emotional Quotient (EQ)
d. Spiritual Quotient (SQ)
27. Berikut ini yang tidak termasuk
pada factor internal yang memengaruhi pencapaian prestasi adalah…
a. Keadaan fisik
b. Keceradasan
c. Keadaan lingkungan
d. Bakat dan minat
28. Salah satu ciri seseorang yang
memiliki visi sebagai wujud kecerdasan mental adalah…
a. Berpikir jauh ke depan
b. Bersedia berkorban
c. Penuh harapan
d. Bertanggung jawab
29. Yang dimaksud dengan kecerdasan
akal (IQ) adalah…
a. Kecerdasan yang dimiliki oleh
tubuh kita
b. Pegetahuan untuk berinteraksi
secara baik dengan orang lain
c. Kemampuan unuk menganalisis,
menetukan hubungan sebab akibat, berpikir secara abstrak, menggunakan bahasa,
memvisualkan sesuatu, dan memahami sesuatu
d. Kecerdasan yang menjadi pusat
dan paling mendasar di antara kecerdasan yang lain
30. Hasil yang telah dicapai
(dilakukan, dikerjakan, dan dihasilkan) oleh manusia disebut…
a. Prestasi
b. Potensi
c. Prestise
d. Pretense
31. Pengetahuan mengenai diri
sendiri, kesadaran diri, kepekaan sosial, empati, dan kemampuan untuk
berinteraksi secara baik dengan orang lain disebut…
a. Kecerdasan tubuh
b. Kecerdasan mental
c. Kecerdasan emosional
d. Kecerdasan spiritual
32. Dalam lingkuan pergaulan,
gairah sebagai perwujudan kesadaran emosi juga mencakup…
a. Sikap empati dan belas kasih
b. Sikap antipasti terhadap
kejadian di lingkungannya
c. Acuh tak acuh terhadap keadaan
di sekitarnya
d. Sikap peduli terhadap urusan
pribadi seseorang
33. Pwewujudan kecerdasan jiwa atau
spiritual yang dimiliki seseorang adalah…
a. Visi
b. Disiplin
c. Nurani
d. Gairah
34. Yang dimaksud dengan disiplin
adalah…
a. Kesadaran dan dorongan moral
untuk menaggapi makna hidup dan memberikan sumbangan nyata
b. Hasrat dan kekuatan yang tumbuh
dan keyakinan
c. Membayar apa yang seharusnya
dibayar untuk mewujudkan visi
d. Kemampuan melihat kemungkinan
yang terdapat dalam diri sendiri, orang lain, dan setiap usaha melalui mata
batin
35. Prestasi dapat dicapai melalui
bejara. Orang yang dapat membelajarkan diri sendiri dan memberikan pengaruh
pembelajaran pada orang lain disebut…
a. Pelajar
b. Belajar mandiri
c. Tanaga pembelajaran
d. Agen pembelajaran
36. Prestasi yang dapat diraih oleh
orang yang berdiri sendiri berada dalam keadaan sebagai diripribadi adalah
prestasi ….
a. studi
b. kolektif
c. jabatan
d. pribadi
37. Di bawah ini yang termasuk
potensi mental intelektual adalah kecerdasan. . .
a. yang bertumpu pada bagian dalam diri kita
yang berhubungan dengan ketangguhan
b. yang ada pada otak manusia berfungsi
menganalisis, menghitung
c. yang ada pada otak manusia berfungsi menahan
amarah
d. yang bertumpu pada bagian dalam diri kita
yang berhubungan keaktifan di luar ego
38. Hal yang mendorong kita untuk
dapat mengembangkan potensi adalah . . .
a. dapat bersaing dengan sesama dalam mengejar
cita-cita
b. pemenuhan kebutuhan yang berupa harga diri
dan prestasi diri
c. masa depan akan lebih baik apabila sekarang
berusaha dahulu
d. mempunyai harapan untuk dihargai dan
dihormati oleh orang lain
39. Pentingnya prestasi diri bagi
keunggulan bangsa adalah dapat . . .
a. meningkatkan taraf hidup seseorang dan
kelompok
b. menjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat
c. meningkatkan kualitas sumber daya manusia
sehingga dapat mengangkat harkat danmartabat serta derajat bangsa
d. menjalin kerja sama dengan negara-negara maju
40. Perilaku warga negara yang baik
dalam rangka mewujudkan keunggulan bangsa adalah . . .
a.
suka berkunjung ke luar negeri untuk melihat potensi
yang dimiliki bangsa lain
b.
berusaha mengembangkan potensi dan
meningkatkan prestasi demi keunggulan bangsa
c.
mengawasi jalannya pemerintahan agar sumber
dana yang ada dapat membiayai sekolah
d.
memberikan saran kepada pemerintah agar para
ilmuwan diberi penghargaan
41. berikut factor dari dalam /
internal yang menentukan prestasi, kecuali…
a.
cermat
b.
minat
c.
bakat
d.
biaya
42. apabila sya diberi tugas
menyusun karangan tentang perlunya berkompetisi dalam mencapai prestasi yang
tinggi, saya…
a.
memiliki banyak becaan tentang hal ini
b.
dapat bertanya kepada kakak saya
c.
dapat berdikusikan dengan teman
d.
menyusung sesuai dengan keadaan saya
43. bersaing untuk memperoleh
prestasi belajar yang tinggi berarti…
a.
tidak perlu beajar bersama dengan teman
b.
tidak perlu membantu teman yang mengalami kesulitan
belajar
c.
belajar bersama dengan teman yang pandai
d.
belajar secara efektif dan mengatur waktu
44. pendidkan akademik diarahkan
untuk penguasaan ilmu pengetahuan. Pendidikan professional diarahkan pada
penerapan keahlian tertentu. Karena saya memiliki keterampilan tekbik tertentu,
saya akan…
a.
meneruskan ke pendidikan professional
b.
melanjutkan ke pendidikan akademik
c.
memilih berdasarkan hasil ujian
d.
meneruskan sesuai dengan kehendak orang tua
45. seorang yang mampu menguasai
pengetahuan dan keerampilan yang memang diperlukan untuk mendukung
keberhasilannya disebut…
a.
pekerja
b.
pengabdian
c.
professional
d.
procedural
46. usaha manusia untuk
mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan cara lain yang
dikenalnya dan diakui oleh masyarakat disebut…
a.
pengajaran
b.
kursus
c.
sekolah
d.
prndidikan
47. partisipasi siswa dalam
mewujudkan cita cita perjuangan adalah…
a.
mengadakan peringatan Hari Pahlawan di sekolah
b.
memberikan sumbangan kepada keluarga pahlawan
c.
rajin belajar agar menjadi orang yang berguna
bagi bangsa
d.
menyiapkan diri sebagai tenaga ahli bidang
tertentu
48. hak warga negara mendapatkan
pengajaran diatur dalam…
a.
Pasal 30 ayat 1 UUD 1945
b.
Pasal 31 ayat 1 UUD 1945
c.
Pasal 33 ayat 1 UUD 1945
d.
Pasal 36 ayat 1 UUD 1945
49. Salah satu aspekpositif
globalisasi adalah…
a.
Eksploitasi alam
b.
Dehumanisasi
c.
Kemajuan teknologi
d.
Ekonomi
50. Krisis moneter adalah contoh
pengaruh globalisasi bidang…
a.
Tekbologi
b.
Komunikasi
c.
Hubungan internasional
d.
ekonomi
minta jawabannya donk
BalasHapusMinta jawabanya donk, soalnya persis di BKS saya
BalasHapusminta jawabannya dong ka
BalasHapus1. a
BalasHapus2. c
3. d
4. b
5. d
6. a
7. b
8. a
9. b
10. c
11. a
12. b
13. d
14. a
15. c
16. a
17. a
18. b
19. b
20. d
21. a
22. d
23. a
24. b
25. b
26. b
27. c
28. c
29. d
30. b
31. c
32. b
33. c
34. a
35. a
36. a
37. b
38. b
39. b
40. a
41. d
42. d
43. c
44. c
45. d
46. d
47. a
48. b
49. b
50. d
maaf jika jawaban ada yg salah, saya bukan ahlinya ppkn