Selasa, 21 Oktober 2014

LATIHAN SOAL PKN KELAS 9


1.      Kemampuan yang merupakan sesuatu yang melekat dalam diri seseorang disebut…
a.      Prestasi
b.      Bakat
c.       Potensi
d.      Kreatif
2.      Orang yang berbakat adalah rang yang mampu mencapai…
a.      Semua yang dicita citakan
b.      Kebahagian hidup
c.       Kesuksesan hidup
d.      Prestasi yang tingi
3.      Cirri cirri anak berbakat, anatar lain seperti berikut, kecuali…
a.      Mampu menyeleksi masalahnya senidri
b.      Mempunyai ingatan dan daya kreasi tinggi
c.       Mempunyai logika dan keterampilan analitas yang kuat
d.      Mampu berpikir abstrak
4.      Anak yang berbakat misalnya memiliki cirri negative, misalnya…
a.      Tidak bisa membagi waktu secara efisien
b.      Mudah menyerah dan gampang putus asa
c.       Kurang sabar dan kurang tengang sara
d.      Sering menyusahkan orang lain
5.      Menurut Balitbang Depdiknas, ciri ciri peserta didik berbakat, antara lain…
a.      Memoliki tanggung jawab terhadap tugas
b.      Pandai bergaul dan pandai merayu
c.       Menguasai bidang atlentik dan seni yang tinggi
d.      Berpendirian teguh dan egois


6.      Tingkat kecerdasan seseirang dapat ditentukan oleh….
a.      Usaha dan kerja kerasnya
b.      Dukungan dari keluarga dan orang tua
c.       Murni berasal dari keturunan orang tua
d.      Bakat bawaan dan lingkungan
7.      Di bawah ini adalah ciri ciri anak berprestasi, kecuali…
a.      Memiliki kemampuan menyesuaikan diri
b.      Rajin melakukan sesuatu yang diminati
c.       Cebderung bersifat tertutup/pendiam
d.      Mampu mengatasi berbagai rintangan
8.      Anak yang kreatif memiliki ciri ciri berikut ini, kecuali…
a.      Menonjol dalam salah satu bidang seni
b.      Tidak pernah merepotkan orang lain
c.       Bebas dalam menyatakan pendapat
d.      Besar dorongan keingintahunya
9.      Hasil pelajaran yang diproleh dari kegiatan belajar di sekolah atau perguruan tinggi yang bersifat kognitif adalah pengertian…
a.      Prestasi
b.      Prestasi budaya
c.       Prestasi belajar
d.      Prestasi akademis
10.  Penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang berhasil di bidang lingkungan hidup disebut…
a.      Kalpataru
b.      Adipura
c.       Wahana anugrah
d.      Satya lencana
11.  Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus. Pernyataan ini terdapat dalam…
a.      UUD 1945 pasal 31 ayat 1
b.      UUD 1945 pasal 31 ayat 5
c.       UU no. 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 4
d.      UU no. 20 tahuh 2003 pasal 5 ayat 5
12.  Pada umumnya orang yang memiliki kepekaan dan tebuka bagi sesuatu yang baru adalah…
a.      Mahasiswa di perguruan tinggi
b.      Nak usia sekolah, terutama remaja
c.       Anak yang memilki bakat menonjol
d.      Mahasiswa teladan
13.  Hal hal yang memengaruhi kreativitas seseorang, antara lain…
a.      Bakat, prestasi, dan dukungan dari orang tua
b.      Bakat, kemampuan, dan keuatan
c.       Prestasi dan ketersedianya biaya
d.      Bakat dan kemampuan yang dimiliki
14.  Seseorang yang telah memiliki bakat dan prestasi tidak mungkin bisa berprestasi jika…
a.      Tidak ada guru yang membimbingnya
b.      Orang tersebut tidak sekolah
c.       Tidak dibiayai oleh orang tua
d.      Tidak memiliki kecerdasan
15.  Kebutuhan warga negara yang ingin memejukan bangsa dan negaranya adalah…
a.      Semangat untuk menjadi pahlawan
b.      Sarana dan peasarana bekajar
c.       Kecerdasan dan kesempatan
d.      Biya yang memandai
16.  Berpikir dan berperilaku kreatif sangat besar manfaatnya. Manfaat tersebut, antara lain…
a.      Dapat memajukan negara dan bangsa
b.      Dapat meraih kesuksesn hidup
c.       Memiliki banayak harta
d.      Menjadi pahlawan bangsa
17.  Funsi pendidikan nasional, antara lain…
a.      Melindungi peserta didik dalam belajar mengajar
b.      Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
c.       Memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia
d.      Mencerdaskan kehidupan bangsa secara merata
18.  Berkompetisi secara sehat perlu dilandasi dengan sikap…
a.      Mau menang sendiri
b.      Menghalalkan segala hal
c.       Tidak mengenal kompromi
d.      Jujur, sportif, dan adil
19.  Frekuensi belajar yang baik adalah…
a.      1 jam setiap hari selama satu minggu
b.      2 jam setiap hari dalam satu minggu
c.       Dua jam seminggu sekali
d.      3 jam seminggu dua kali
20.  Setiap manusia dikarunia Tuhan potensi diri yang berupa tiga keverdasan, yaitu kecerdasan…
a.      Otak (IQ), emosional (EQ), dan spiritual (SQ)
b.      Rasa, karsa, dan karya
c.       Batin, lahir, dan kepercayaan
d.      Keterampilan, akademis, dan sosial
21.  Salah satu ciri yang menonjol dari seseorang yang sukses atau berprestasi adalah…
a.      Tidak putus asa dan akan membiarkan jiwanya selalu berpetualang
b.      Selalu optimis dan menampilkan hal hal yang kadang tidak masuk akal
c.       Menjalin kerja sama sengna berbagai pihak yang penting dapat untung
d.      Berani megngambil resiko dan tidak akan membiarkan perasaan putus asa
22.  Agar hidup kita kelak dapat berprestasi dengan baik, sejak dini haruslah…
a.      Dibiasakan untuk belajar sesuai dengan anjuran guru
b.      Direncanakan dengan sistematis dan proposional
c.       Elalu diikutsertakan dalam berbagai kompetisi yang ada
d.      Dilatih dalam berbagai keterampilan yang disukainya
23.  Kepribadian manusia yang terbentuk berdasarkan bawaan lahir atau bakat disebut…
a.      Nurture
b.      Natur
c.       Watak
d.      Karakter
24.  Sikap atau perilaku yang dapat mengahmbat pengembangangan poyensi diri yang berasal dari individu sendiri, kecuali…
a.      Berprasangka kreatif
b.      Tidak memiliki tujuan jelas
c.       Keengganan mengenal diri sendiri
d.      Pendidian yang dianut
25.  Ciri ciri perilaku manusia antara lain menghindari resiko, tidak belajar dari kesalahan, dan puas dengan kedudukan yang ada disebut…
a.      Wibawa rendah
b.      Pribadi yang kerdil
c.       Kreativitas yang rendah
d.      Kemampuan lebih rendah
26.  Dari keempat kecerdasan yang dimiliki manusia, yang menjadi sumber bimbingan atau pengarah bagi ketiga kecerdasan yang lain adalah…
a.      Intelligence Quotient (IQ)
b.      Physical Quotient (PQ)
c.       Emotional Quotient (EQ)
d.      Spiritual Quotient (SQ)
27.  Berikut ini yang tidak termasuk pada factor internal yang memengaruhi pencapaian prestasi adalah…
a.      Keadaan fisik
b.      Keceradasan
c.       Keadaan lingkungan
d.      Bakat dan minat
28.  Salah satu ciri seseorang yang memiliki visi sebagai wujud kecerdasan mental adalah…
a.      Berpikir jauh ke depan
b.      Bersedia berkorban
c.       Penuh harapan
d.      Bertanggung jawab
29.  Yang dimaksud dengan kecerdasan akal (IQ) adalah…
a.      Kecerdasan yang dimiliki oleh tubuh kita
b.      Pegetahuan untuk berinteraksi secara baik dengan orang lain
c.       Kemampuan unuk menganalisis, menetukan hubungan sebab akibat, berpikir secara abstrak, menggunakan bahasa, memvisualkan sesuatu, dan memahami sesuatu
d.      Kecerdasan yang menjadi pusat dan paling mendasar di antara kecerdasan yang lain
30.  Hasil yang telah dicapai (dilakukan, dikerjakan, dan dihasilkan) oleh manusia disebut…
a.      Prestasi
b.      Potensi
c.       Prestise
d.      Pretense
31.  Pengetahuan mengenai diri sendiri, kesadaran diri, kepekaan sosial, empati, dan kemampuan untuk berinteraksi secara baik dengan orang lain disebut…
a.      Kecerdasan tubuh
b.      Kecerdasan mental
c.       Kecerdasan emosional
d.      Kecerdasan spiritual
32.  Dalam lingkuan pergaulan, gairah sebagai perwujudan kesadaran emosi juga mencakup…
a.      Sikap empati dan belas kasih
b.      Sikap antipasti terhadap kejadian di lingkungannya
c.       Acuh tak acuh terhadap keadaan di sekitarnya
d.      Sikap peduli terhadap urusan pribadi seseorang
33.  Pwewujudan kecerdasan jiwa atau spiritual yang dimiliki seseorang adalah…
a.      Visi
b.      Disiplin
c.       Nurani
d.      Gairah
34.  Yang dimaksud dengan disiplin adalah…
a.      Kesadaran dan dorongan moral untuk menaggapi makna hidup dan memberikan sumbangan nyata
b.      Hasrat dan kekuatan yang tumbuh dan keyakinan
c.       Membayar apa yang seharusnya dibayar untuk mewujudkan visi
d.      Kemampuan melihat kemungkinan yang terdapat dalam diri sendiri, orang lain, dan setiap usaha melalui mata batin
35.  Prestasi dapat dicapai melalui bejara. Orang yang dapat membelajarkan diri sendiri dan memberikan pengaruh pembelajaran pada orang lain disebut…
a.      Pelajar
b.      Belajar mandiri
c.       Tanaga pembelajaran
d.      Agen pembelajaran
36.  Prestasi yang dapat diraih oleh orang yang berdiri sendiri berada dalam keadaan sebagai diripribadi adalah prestasi ….
a.    studi                                                      
b.    kolektif
c.    jabatan                                                  
d.    pribadi
37.  Di bawah ini yang termasuk potensi mental intelektual adalah kecerdasan. . .
a.    yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan ketangguhan
b.    yang ada pada otak manusia berfungsi menganalisis, menghitung
c.    yang ada pada otak manusia berfungsi menahan amarah
d.    yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan keaktifan di luar ego
38.  Hal yang mendorong kita untuk dapat mengembangkan potensi adalah . . .
a.    dapat bersaing dengan sesama dalam mengejar cita-cita
b.    pemenuhan kebutuhan yang berupa harga diri dan prestasi diri
c.    masa depan akan lebih baik apabila sekarang berusaha dahulu
d.    mempunyai harapan untuk dihargai dan dihormati oleh orang lain
39.  Pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa adalah dapat . . .
a.    meningkatkan taraf hidup seseorang dan kelompok
b.    menjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat
c.    meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga dapat mengangkat harkat danmartabat serta derajat bangsa
d.    menjalin kerja sama dengan negara-negara maju
40.  Perilaku warga negara yang baik dalam rangka mewujudkan keunggulan bangsa adalah . . .
a.      suka berkunjung ke luar negeri untuk melihat potensi yang dimiliki bangsa lain
b.      berusaha mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi demi keunggulan bangsa
c.       mengawasi jalannya pemerintahan agar sumber dana yang ada dapat membiayai sekolah
d.      memberikan saran kepada pemerintah agar para ilmuwan diberi penghargaan
41.  berikut factor dari dalam / internal yang menentukan prestasi, kecuali…
a.      cermat
b.      minat
c.       bakat
d.      biaya
42.  apabila sya diberi tugas menyusun karangan tentang perlunya berkompetisi dalam mencapai prestasi yang tinggi, saya…
a.      memiliki banyak becaan tentang hal ini
b.      dapat bertanya kepada kakak saya
c.       dapat berdikusikan dengan teman
d.      menyusung sesuai dengan keadaan saya
43.  bersaing untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi berarti…
a.      tidak perlu beajar bersama dengan teman
b.      tidak perlu membantu teman yang mengalami kesulitan belajar
c.       belajar bersama dengan teman yang pandai
d.      belajar secara efektif dan mengatur waktu
44.  pendidkan akademik diarahkan untuk penguasaan ilmu pengetahuan. Pendidikan professional diarahkan pada penerapan keahlian tertentu. Karena saya memiliki keterampilan tekbik tertentu, saya akan…
a.      meneruskan ke pendidikan professional
b.      melanjutkan ke pendidikan akademik
c.       memilih berdasarkan hasil ujian
d.      meneruskan sesuai dengan kehendak orang tua
45.  seorang yang mampu menguasai pengetahuan dan keerampilan yang memang diperlukan untuk mendukung keberhasilannya disebut…
a.      pekerja
b.      pengabdian
c.       professional
d.      procedural
46.  usaha manusia untuk mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran dan cara lain yang dikenalnya dan diakui oleh masyarakat disebut…
a.      pengajaran
b.      kursus
c.       sekolah
d.      prndidikan
47.  partisipasi siswa dalam mewujudkan cita cita perjuangan adalah…
a.      mengadakan peringatan Hari Pahlawan di sekolah
b.      memberikan sumbangan kepada keluarga pahlawan
c.       rajin belajar agar menjadi orang yang berguna bagi bangsa
d.      menyiapkan diri sebagai tenaga ahli bidang tertentu
48.  hak warga negara mendapatkan pengajaran diatur dalam…
a.      Pasal 30 ayat 1 UUD 1945
b.      Pasal 31 ayat 1 UUD 1945
c.       Pasal 33 ayat 1 UUD 1945
d.      Pasal 36 ayat 1 UUD 1945
49.  Salah satu aspekpositif globalisasi adalah…
a.      Eksploitasi alam
b.      Dehumanisasi
c.       Kemajuan teknologi
d.      Ekonomi
50.  Krisis moneter adalah contoh pengaruh globalisasi bidang…
a.      Tekbologi
b.      Komunikasi
c.       Hubungan internasional
d.      ekonomi

4 komentar:

  1. Minta jawabanya donk, soalnya persis di BKS saya

    BalasHapus
  2. 1. a
    2. c
    3. d
    4. b
    5. d
    6. a
    7. b
    8. a
    9. b
    10. c
    11. a
    12. b
    13. d
    14. a
    15. c
    16. a
    17. a
    18. b
    19. b
    20. d
    21. a
    22. d
    23. a
    24. b
    25. b
    26. b
    27. c
    28. c
    29. d
    30. b
    31. c
    32. b
    33. c
    34. a
    35. a
    36. a
    37. b
    38. b
    39. b
    40. a
    41. d
    42. d
    43. c
    44. c
    45. d
    46. d
    47. a
    48. b
    49. b
    50. d

    maaf jika jawaban ada yg salah, saya bukan ahlinya ppkn

    BalasHapus